RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VIII
Materi Pokok : Tes deskriptif tulis, pendek dan sederhana tentang
orang.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Kompetensi Inti
KI
1
: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (toleransi, gotong royong),
santun percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunga social
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keadaannya.
KI
3 : Memahami pengetahuan (factual,
konseptual, procedural) berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena kejadian tampak mata.
KI
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
A. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
|
2
|
2.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, (toleransi, gotong royong), santun percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunga social dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keadaannya.
|
2.1.1 menunjukkan perilaku santun dan peduli
dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.1.2 menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
2.1.3 menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
|
3
|
3.9 Menerapkan struktur teks dan unsure
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social teks deskriptif dengan menyatakan
tentang deskripsi orang sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.9.1 Menentukan tujuan komunikatif teks
3.9.2 Mengidentifikasi struktur teks
3.9.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks
|
4
|
4.10 Menangkap makna dalam teks deskriptif
tulis, pendek dan sederhana.
|
4.10.1 Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat dalam teks deskriptif secara tulis
4.10.2 Mengidentifikasi
informasi rinci yang terdapat dalam teks deskriptif secara tulis
4.10.3 Mengidentifikasi informasi tersirat
yang terdapat dalam teks deskriptif secara tulis
4.10.4 Mengidentifikasi makna kata yang terdapat dalam teks deskriptif secara tulis.
|
B. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik
dapat:
1. Menentukan
tujuan komunikatif teks deskriptif.
2. Mengidentifikasi
struktur teks deskriptif.
3. Mengidentifikasi
unsur kebahasaan teks deskriptif.
4.
Mengidentifikasi informasi
tertentu yang terdapat dalam teks deskriptif secara tulis.
5.
Mengidentifikasi informasi
rinci yang terdapat dalam teks deskriptif
secara tulis.
6. Menemukan makna
kata yang terdapat dalam teks deskriptif
C. Materi
Pembelajaran.
Fungsi social: Mendeskripsikan orang untuk kepentingan mengenalkan.
Struktur teks:
1. Penyebutan nama
orang dan nama – nama bagiannya yang dipilih untuk di deskripsikan
2. Penyebutan
sifat orang dan bagiannya.
3. Penyebutan
tindakan dari atau terkait dengan orang.
4. Kata sifat
tanpa atau dengan penambahan kata quite, very, atau kombinnasi seperti dark
brown, nice little cat, dan semacamnya.
Unsur
kebahasaan: Siswa berlatih menemukan informasi rinci.
D. Metode
Pembelajaran: Scientific Approach
E. Media, alat,
dan sumber pembelajaran:
1. Media : Gambar
2. Alat : Proyektor
3. Sumber
Pembelajaran :
Pendahuluan
10’
|
||
Tahapan
|
Kegiatan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Salam,
Tegur, Sapa
|
·
Memberi salam atau greeting
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
|
|
Kegiatan
Inti 60’
|
||
Mengamati
|
·
Guru memberikan/ menyediakan berbagai macam gambar yang berhuubungan dengan deskriptif teks
·
Guru
memberikan satu contoh deskriptif teks yang mendeskripsikan tentang orang
|
·
Siswa mengamati beberapa contoh gambar dan
teks deskriptif.
|
Menanyakan
|
·
Guru membimbing dan mengarahkan siswa agar
menanya fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan
|
·
Siswa menanya tentang fungsi social, struktur
teks dan unsure kebahasaan
|
Mengeksplorasi
|
·
Guru memberikan contoh lain teks deskriptif
yang mendeskripsikan tentang orang
|
·
Siswa menentukan fungsi social, struktur teks
dan unsure kebahasaan
|
Mengasosiasi
|
·
Guru memberikan feedback tentang contoh teks
deskriptif yang mendeskripsikan tentang orang.
|
·
Secara berpasangan terbimbing, siswa
mengidentifikasi informasi tertentu dan Mengidentifiikasi informasi rinci, menemukan
makna kata.
|
Mengkomunikasikan
|
|
·
Berkelompok siswa menuliskan teks deskriptif
sederhana yang mendeskripsikan tentang orang dan membacakannya di depan
kelas.
|
|
||
Penutup
|
·
Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya
·
Guru memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran
·
Guru memberikan tugas mandiri
·
Guru mengucapkan salam perpisahan
|
|
STUDENTS ACTIVITIES
Activity 1
Read the text below and answer the question.

Her name is Luna Maya.
She is a model, a presenter and an actress. Luna Maya is tall and has slim
body. Her face is pretty. She has beautiful round eyes, pointed nose, black
hair, thin lips, and white skin. Luna has many lifetime achievements. She has
ever won Panasonic Gobel Award as favourite actress of the year and the best
music presenter of the year.
1.
What is the social function from the text
above?
-
To describe about Luna Maya
2.
What is the generic structure of the text?
-
Identification :
Her name is Luna Maya.
She is a model, a presenter and an actress.
-
Description : Luna Maya is tall
and has slim body. Her face is pretty. She has beautiful round eyes, pointed
nose, black hair, thin lips, and white skin. Luna has many lifetime
achievements. She has ever won Panasonic Gobel Award as favourite actress of
the year and the best music presenter of the year.
3.
What is the Language feature from the text?
Give the examples!
-
Using simple present tense: She is a model,
presenter, and an actress
-
Focus on specific participant: Luna Maya
-
Using attributive and identifying process: Slim
body, pointed nose, black hair, thin lips. Etc
-
Linking verbs: is, has
Activity 2
Answer the questions based on the text below.
Michael Douglas
Michael Douglas is a very famous and popular American actor. He
is about sixty years old. He is a slim person and he is average height.
He has got light brown eyes and short fair hair. His wife is a very beautiful
British actress who is named Catherine Zeta-Johns, she has got green eyes and
long straight black hair. They have got a daughter who is two
years old. They all live in the United States of America.
Famous
|
Straight
|
Brown
|
Daughter
|
Beautiful
|
Live
|
Activity 3
T/F
1.
Michael Douglas isn’t famous person.
2.
His wife is Catherine Zeta-Johns.
3.
They have two daughters.
4.
Cathrine has curly hair.
5.
She is an actress from England
Activity 4
Find the meaning.
1.
Famous
2.
Slim
3.
Beautiful
4.
Live
5.
Stright
6.
Average
Activity 5
Make a group
Describe one of your classmate then read in
front of the class.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar