Sabtu, 18 Oktober 2014

RPP Bhs Inggris kelas VII K.13 Chapter IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP SMPN 2 PAPAR, KEDIRI
---------------------------------------------------------------------------------------------------
Satuan Pendidikan      : SMPN 2 Papar
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII/
Materi Pokok              : Teks lisan dan tulis untuk memaparkan jati diri.
Alokasi Waktu            : 4 pertemuan (8 JP)

Kompetensi Inti
           
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (toleransi, gotong royong), santun percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunga social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keadaannya.

KI 3: Memahami pengetahuan (factual, konseptual, procedural) berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena kejadian tampak mata.

KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

A.    Indikator dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1    menunjukkan kesungguhan dalam belajar bahasa
Inggris tentang pemaparan jati diri.
2
2.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (toleransi, gotong royong), santun percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunga social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keadaannya.
2.2.1    menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi tentang pemaparan jati diri.

2.2.2    menunjukkan perilaku disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tentang pemaparan jati diri.


3
3.3 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.1 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks pemaparan jati diri.
4
4.4 Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.

4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4.1 mengidentifikasi makna dalam teks lisan dan tulis tentang pemaparan jati diri.

4.5.1 menyusun teks lisan dan tulis tentang pemaparan jati diri.

B.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
Setelah mempelajari chapter IV Siswa dapat:
Ø  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks pemaparan jati diri.
Pertemuan kedua:
Ø  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks pemaparan jati diri.
Pertemuan ketiga:
Ø  Mengidentifikasi makna dalam teks lisan dan tulis tentang pemaparan jati diri.
Pertemuan Keempat:
Ø  Menyusun teks lisan dan tulis tentang pemaparan jati diri.

C.     Materi Pembelajaran
Ø  Fungsi sosial: Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk menjalin hubungan antar pribadi dengan guru dan teman.

Ø  Struktur teks: (ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)

a.       My name is Arif, a-r-i-f. My father is Mr. Zainal.
b.      How do you spell your name?
c.       Who is she?
d.      I have two sisters, Siska and Muti.
e.       Is she your friend? dan seterusnya
f.       My dad is a nurse?
g.      He helps the doctors.
h.      His father is a gardener.
i.        She is the janitor, and she cleans the classrooms.
Ø  Unsur kebahasaan
a.       Nama status hubungan keluarga dan kekerabatan
b.      Nama profesi pekerjaan.
c.       Kata tanya Who? Which? How?
d.      Kata ganti I, you, we, she, it, they, we. dan seterusnya.
e.       Kata ganti my, your, our, her, their, his, dan seterusnya.
f.       Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, have, work, live, dan sebagainya.
g.      Penyebutan kata benda singular dan plural (-s), dan children
h.      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.

D.    Metode Pembelajaran
Ø  Pendekatan                 : Scientific Approach
Ø  Metode                       : Project- based learning
Ø  Teknik                         : Ceramah,diskusi, tanya jawab, pemberian tugas

E.     Media dan sumber pembelajaran
1.      Media: Video, LCD Proyektor.
2.      Sumber pembelajaran:
·         Buku teks wajib
·         Buku pelatihan bahasa inggris 2013
·         Sumber dari internet
F.      Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan / Kegiatan Awal (10 Menit)
Tahap
Kegiatan
Salam, Tegur, Sapa
Ø  Siswa menjawab salam.
Ø  Siswa mendengarkan saat guru memeriksa daftar kehadiran.
Ø  Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan untuk motivasi.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan materi sebelumnya.
Ø  Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang tujuan pembelajaran.
Ø  Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti ( 60 Menit)
Observing
Ø  Peserta didik mengamati teks tentang pemaparan jati diri. (Activity
Ø  Peserta didik mendengarkan guru membaca teks tentang pemaparan jati diri. Guru dapat membaca teks lebih dari satu kali.
Ø  Peserta didik memperhatikan ujaran dan intonasi guru dalam membaca.
Ø   Peserta didik secara bergiliran ditunjuk guru untuk membaca teks. Guru mencermati pelafalan peserta didik selama membaca teks. Jika peserta didik bermasalah dalam melafalkan sebuah kata, misalnya, guru dapat meminta perhatian peserta didik semuanya terhadap kata tersebut. Guru memberi contoh pelafalan yang benar, dan peserta didik bersamasama dan juga secara bergiliran menirukannya.
Questioning
Ø  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara memaparkan jati diri dalam bahasa Inggris, dengan perbedaan ungkapan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Exploring
Ø  Peserta didik melengkapi format identitas berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks tentang pemaparan jati diri yang sudah dibaca.


Penutupan (10 Menit)
Penutup
Ø  Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
Ø  Refleksi
Ø  Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang








Pertemuan Kedua
Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 Menit)
Tahap
Kegiatan awal
Salam, Tegur, Sapa
Ø  Siswa menjawab salam.
Ø  Siswa mendengarkan saat guru memeriksa daftar kehadiran.
Ø  Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan untuk motivasi.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan materi sebelumnya.
Ø  Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang tujuan pembelajaran.
Ø  Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Associating
Ø  Peserta didik secara berpasangan berlatih mengisi format identitas tentang diri mereka sendiri.
Ø  Peserta didik mendengarkan guru membacakan teks tentang ‘My Father’.
Ø  Pada saat guru membaca teks untuk kali yang pertama, peserta didik hanya mendengarkan saja.
Ø  Pada saat guru membaca teks untuk kali yang kedua, peserta didik mendengarkan sambil mencermati pertanyaan-pertanyaan tuntunan yang disediakan oleh guru. Pertanyaan dapat ditulis di papan tulis, atau ditayangkan lewat layar LCD.
Ø  Pada saat guru membaca teks untuk kali yang ketiga, peserta didik memeriksa pemahaman mereka terhadap teks dengan mencermati jawaban mereka terhadap pertanyaan.
Ø  Peserta didik secara berpasangan berdiskusi menentukan gambar yang benar, yang sesuai dengan informasi yang ada dalam teks.
Ø  Peserta didik secara bergantian berkomunikasi tentang identitas ayah dan ibu mereka.
Ø  Peserta didik merujuk pada format identitas yang disediakan sebagai tuntunan dalam berkomunikasi tentang ayah dan ibu mereka.


Penutupan (10 Menit)
Penutup
Ø  Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
Ø  Refleksi
Ø  Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

Pertemuan Ketiga
Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 Menit)
Tahap
Kegiatan awal
Salam, Tegur, Sapa
Ø  Siswa menjawab salam.
Ø  Siswa mendengarkan saat guru memeriksa daftar kehadiran.
Ø  Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan untuk motivasi.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan materi sebelumnya.
Ø  Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang tujuan pembelajaran.
Ø  Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Communicating (1)
Ø  Peserta didik secara mandiri berkomunikasi tentang identitas saudara mereka (adik atau kakak). Mengingat pajanan contoh sudah banyak diberikan, tuntunan sudah tidak lagi disediakan bagi peserta didik.
Ø  Peserta didik diberi kesempatan untuk berkomunikasi tentang anggota keluarga dan saudara yang lain.
Ø  Peserta didik mengidentifikasi dan menginterpretasi gambar sesuai dengan daya kreativitas mereka.
Ø  Peserta didik menyebutkan anggota keluarga dan memaparkan jati diri anggota keluarga yang disebut.
Ø  Peserta didik diminta memperhatikan silsilah sebuah keluarga.
Ø  Peserta didik mencermati hubungan antar anggota keluarga.
Ø  Peserta didik memperhatikan contoh kalimat yang menyatakan hubungan antar anggota keluarga.
Ø  Secara berkelompok peserta didik bergiliran menyatakan hubungan antar anggota keluarga.
Ø  Peserta didik secara mandiri membuat silsilah keluarga mereka sendiri.
Ø  Peserta didik membuat kalimat secara tulis yang menyatakan hubungan antar anggota keluarga.
Ø  Peserta didik secara bergiliran saling mengomunikasikan silsilah keluarga mereka.
Penutupan (10 Menit)
Penutup
Ø  Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
Ø  Refleksi
Ø  Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

Pertemuan Keempat
Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 Menit)
Tahap
Kegiatan awal
Salam, Tegur, Sapa
Ø  Siswa menjawab salam.
Ø  Siswa mendengarkan saat guru memeriksa daftar kehadiran.
Ø  Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan untuk motivasi.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan materi sebelumnya.
Ø  Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang tujuan pembelajaran.
Ø  Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Communicating (2)
Ø  Peserta didik memaparkan jati diri anggota keluarga mereka secara tertulis menggunakan contoh yang disediakan.
Ø  Pemaparan jati diri meliputi nama, usia, dan kesukaan sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya.
Ø  Peserta didik secara berkelompok bergantian memaparkan jati diri anggota keluarga mereka.
Ø  Peserta didik diminta menyebutkan jumlah anggota keluarga dengan menggunakan ungkapan seperti contoh.
Ø  Peserta didik menuliskan kalimat sesuai dengan masing-masing gambar yang dicermati. Kalimat yang diharapkan ditulis oleh peserta didik adalah:
1. Gambar 1: I have one brother.
2. Gambar 2: I have two uncles.
3. Gambar 3: I have two sons.
4. Gambar 4: I have two daughters.
Ø  Peserta didik mengamati kegiatan yang ada pada gambar
Ø  Peserta didik menuliskan kegiatan yang biasanya dilakukan bersama keluarga di dalam tabel yang disediakan.
Ø  Peserta didik secara bergiliran berkomunikasi tentang kegiatan yang biasanya dilakukan bersama sama anggota keluarga.
Ø  Peserta didik mengamati contoh surat untuk ibu.
Ø  Dengan memperhatikan contoh surat, peserta didik berlatih membuat surat untuk ibu mereka sendiri atau anggota keluarga lain yang terdekat
Ø  My Project
Penutupan (10 Menit)
Penutup
Ø  Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
Ø  Refleksi
Ø  Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang


Mengetahui,                                                    Kediri, 8 September 2014
Kepala UPTD SMPN 2 PAPAR                   Guru Bahasa Inggris



         Drs. SUTIKNO , M.Pd.                                               ENY MASLIKAH ,S.Pd.
( NIP. 19630615 198803 1 002 )                                ( NIP.....................................)

CATATAN:
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar